Rabu, 29 Oktober 2014

Waduk Jati Gede Rampung, Petani Panen Dua Kali


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadi Moeljono mengatakan, petani beras di Indramayu saat ini tengah mengalami kekeringan. Lantaran bendung rentang di wilayah tersebut masih belum bisa menampung air untuk sawah yang luasnya 90 hektar.
Basuki menuturkan, Waduk Jati Gede bisa menjadi solusi bagi 90 hektar sawah di Indramayu tersebut. Di mana, waduk besar tersebut akan menjadi penampung air dan mengaliri air ke bendung rentang.
"Kalau nanti jati gede sudah jadi, ini (sawah) bisa dua kali tanam. Sekarang baru satu tahun sekali karena hanya mengandalkan tadah hujan karena nggak ada penampungannya," kata Basuki saat melakukan tinjauan ke Tol Cikampek-Palimanen, Rabu (29/10/2014).
Menurut Basuki, Waduk Jati Gede hanya tinggal menunggu keputusan presiden (Kepres) mengenai pemindahan genangan air. Serta sempat dikerjakan namun karena pembangunannya lamban, pengerjaan itu pun dihentikan.
"Nah sekarang kita sedang proses untuk pemindahan dengan uang kerohiman. Uang kerohiman nggak ada yang berani bayar, makanya tunggu kepres," tambahnya.
Lanjut Basuki, Kepres tersebut sejatinya sudah berada di meja kerja Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) namun memang belum sempat untuk diterbitkan atau diputuskan.
"Jadi semoga pemerintahan ini bisa, jadi bisa segera dibayar. Uangnya sudah ada, sudah dialokasikan, tinggal di bayarkan begitu kepres keluar sekitar Rp 900 miliar," tutupnya.
 
sumber : Okzone.com 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar