Selasa, 16 Agustus 2011

Syarat RI Masuk 5 Raksasa Ekonomi Dunia


Indonesia tidak hanya masuk 10 negara terbesar ekonomi dunia, tapi lima besar di 2030.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, saat ini Indonesia memiliki peluang sangat baik untuk menjadi salah satu negara dengan skala ekonomi sepuluh terbesar di dunia. Peluang itu diperkirakan dapat tercapai dalam dua hingga tiga dasawarsa mendatang.

Menurut ekonom Standard Chartered, Fauzi Ichsan, Indonesia tidak hanya akan masuk 10 negara terbesar ekonomi dunia, tapi berada dalam lima besar kekuatan ekonomi dunia pada 2030.

"Betul sekali, Indonesia akan menjadi negara adidaya ekonomi pada 10 hingga 20 tahun mendatang bersama China, Amerika Serikat, India, dan Brasil," kata Fauzi saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Selasa 16 Agustus 2011.

Sebab, dia mengatakan, dalam periode tersebut, negara-negara berkembang akan menjadi pendorong utama pertumbuhan. Bahkan, pertumbuhan ekonomi negara berkembang dapat melampaui negara maju.

"Asia akan mendorong sebagian besar dari pertumbuhan global selama 20 tahun ke depan. Jadi, kekuatan global ekonomi akan bergeser dari barat ke timur," ujar Fauzi.

Namun, Fauzi mengaku bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara dengan skala ekonomi terbesar dunia, bila pemerintah mengejar dan fokus pada pembangunan infrastruktur seperti pengerjaan jalan tol, pembangkit tenaga listrik, modernisasi pelabuhan laut dan udara. "Kuncinya di situ," tuturnya.

Menurut dia, dengan gencarnya pembangunan infrastruktur akan menghasilkan efek positif seperti terbukanya lapangan pekerjaan, meningkatnya daya beli masyarakat, dan turunnya biaya energi. "Otomatis, akan berimbas pada penurunan inflasi dan suku bunga perbankan," ujar Fauzi.

sumber : VIVAnews

Tidak ada komentar :

Posting Komentar